3 obat herbal diabetes alami yang paling ampuh saat ini

3 obat herbal diabetes alami yang paling ampuh saat ini - Diabetes merupakan salah satu penyakit mematikan yang dapat terjadi ketika kadar gula darah dalam tubuh seseorang terlampau tinggi. Penyakit diabetes atau kencing manis terjadi karena gula atau karbohidrat yang masuk ke tubuh tidak dapat dibakar dengan baik jadi gula akan menumpuk di dalam tubuh yang menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah. Khusus untuk Indonesia, penyakit ini harus mendapat perhatian Anda karena menurut fakta, Indonesia merupakan salah satu dari 10 negara dengan penderita diabetes terbanyak. Diabetes ini secara umum memiliki 2 jenis utama, yaitu diabetes tipe kering dan basah.

3 obat herbal diabetes alami yang paling ampuh saat ini


Diabetes kering merupakan diabetes yang sangat jarang terjadi, dimana pada 10 orang pasien penderita diabetes, hanya 1 orang yang menderita diabetes tipe 1 ini. Pada diabetes tipe ini, sistem imun tubuh justru akan menyerang sel-sel pankreas yang bermanfaat untuk memproduksi hormon insulin. Akhirnya, kadar gula darah menjadi tidak terkontrol dan terjadilah penyakit diabetes.

Diabetes Basah merupakan diabetes yang sangat umum terjadi. Bahkan, sekitar 90% pasien diabetes di dunia menderita diabetes tipe 2. Diabetes tipe ini disebabkan karena berkurangnya sensitivitas insulin oleh sel-sel tubuh atau kurangnya produksi insulin. Diabetes ini sering disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang salah.

Penyebab Diabetes

Diabetes disebabkan karena ketidakmampuan pankreas dalam memproduksi hormon insulin yang bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga kadar gula dalam darah akan melambung tinggi. Ada beberapa faktor yang dapat menjadi sumber penyebab ketidakmampuan pankreas dalam memproduksi hormon insulin, antara lain adalah:

  • Pola Makan Yang Salah
    Penyebab diabetes yang paling umum adalah pola makan seseorang yang tidak sehat. Mengkonsumsi makanan manis serta makanan yang berminyak dan berlemak tentu saja akan berpotensi menyebabkan obesitas akibat penumpukan lemak di tubuh. Nah, menumpuknya lemak ini akan mengacaukan kinerja metabolisme tubuh Anda, termasuk mengganggu kinerja pankreas dalam memproduksi hormon insulin.
  • Faktor Usia
    Tidak bisa dipungkiri jika penyakit diabetes melitus akan semakin rentan terjadi ketika seseorang sudah beranjak tua. Hal ini dikarenakan ketika beranjak tua, maka frekuensi aktivitas fisik dan olahraga akan berkurang. Berkurangnya aktivitas fisik tentu saja akan membuat resiko obesitas bertambah, dimana nanti lemak di dalam tubuh akan mengganggu kinerja pankreas untuk memproduksi hormon insulin. Biasanya, orang berusia diatas 40 tahun mulai beresiko terkena penyakit diabetes jika tidak menjaga gaya hidup yang sehat.

Gejala Diabetes

Karena penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang mematikan, maka mengetahui gejala diabetes dan melakukan langkah pengobatan sedini mungkin merupakan hal yang krusial. Biasanya, diabetes tipe 1 gejalanya akan menerpa dengan sangat cepat, sedangkan diabetes tipe 2 cenderung pelan-pelan, sehingga seringkali orang tidak mengetahui bahwa dirinya mengidap diabetes. Berikut gejala umum penyakit diabetes:
  • Buang air kecil secara terus menerus, terutama pada malam hari.
  • Seringkali merasa haus walaupun sudah meminum berbagai minuman.
  • Mudah merasa kelelahan.
  • Luka di kulit yang tidak kunjung mengering walaupun sudah cukup lama menempel di kulit.
  • Turunnya berat badan secara mendadak tanpa alasan yang jelas.

Obat Herbal Diabetes

Setelah mengetahui penyebab dan gejala diabetes, penting untuk melakukan langkah pengobatan sedari dini jika Anda merasa mengidap diabetes. Untuk mengobati diabetes, dapat digunakan berbagai tanaman herbal yang ternyata sangat ampuh dalam menyembuhkan dan mencegah diabetes. Berikut jenis-jenis tanaman tersebut 
  1. Daun Mangga
    Selain buahnya yang memang sangat lezat untuk dikonsumsi, ternyata bagian daun dari tanaman mangga akan sangat bermanfaat dalam mengatasi diabetes karena:
    • Daun mangga memiliki senyawa tanin yang dapat mengobati diabetes pada fase-fase awal.
    • Daun mangga memiliki kandungan senyawa tarakserol -3 beta dan etil asetat yang akan mempertahankan jumlah produksi hormon insulin, sehingga kadar gula darah dalam tubuh akan terkontrol.
    Menggunakan daun mangga sebagai obat diabetes alami sangat mudah. Anda cukup mempersiapkan 2-3 helai daun mangga dan direndam pada secangkir air, kemudian diamkan selama 12 jam. Setelah itu, Anda dapat menyaring daun mangga dan mengkonsumsi ramuannya secara langsung setiap hari secara rutin.
  2. Daun Pegagan
    Daun pegagan atau yang biasa juga disebut daun kaki kuda atau daun antanan merupakan daun dengan berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh, sehingga oleh masyarakat zaman dahulu sering dijadikan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Daun pegagan dapat digunakan untuk mengatasi diabetes karena:
    • Daun pegagan juga memiliki senyawa tanin yang dapat menyembuhkan penyakit diabetes pada fase-fase awal.
    • Daun pegagan memiliki senyawa tertentu yang memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga dapat mengatasi diabetes.
    Jika Anda ingin menggunakan daun pegagan untuk obat tradisional diabetes, maka Anda tinggal merebus 3-4 helai daun pegagan, kemudian rebus ke dalam 2 gelas air. Setelah mendidih dan sari daun pegagan bercampur dengan air, maka Anda dapat mengkonsumsinya langsung sebanyak 2 kali sehari.
  3. Kumis Kucing
    Kumis kucing adalah tanaman yang memiliki ciri khas bunga yang berbentuk menyerupai kumis kucing, sehingga tidak heran jika namanya kumis kucing. Nah, tanaman ini akan sangat ampuh untuk mengatasi diabetes, karena:
    • Kumis kucing mengandung senyawa myoinotisol, minyak atsiri, serta saponin yang akan mengaktifkan sel beta pankreas sehingga akan selalu menjaga kesehatan kinerja pankreas untuk memproduksi insulin.
    • Kumis kucing juga mengandung sapofonin, kalium, atau sinensetin yang akan berperan sebagai anti-inflamasi untuk menyembuhkan luka dan peradangan yang tak kunjung sembuh akibat diabetes.
    Cara menggunakan kumis kucing sebagai obat herbal diabetes sangat mudah. Anda cukup merebus 15 helai daun kumis kucing ke dalam takaran 2 gelas air. Setelah mendidih dan sari daun kumis kucing bercampur dengan air, maka Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung.
Itulah tadi berbagai penyebab diabetes, gejala diabetes, dan jenis-jenis tanaman obat diabetes yang sangat sering kita temukan dalam lingkungan sehari-hari dan dapat secara ampuh mengatasi diabetes. Yang patut dicatat adalah Anda perlu untuk menjaga pola makan dan pola diet yang sehat sembari menggunakan obat herbal diabetes diatas, sehingga penanganannya akan menjadi semakin cepat. Semoga artikel 3 obat herbal diabetes alami yang paling ampuh saat ini bermanfaat untuk Anda.

Postingan Populer